1. Home
  2. Education
  3. Bagaimana Cara Menjaga Website Dari Hacker

Bagaimana Cara Menjaga Website Dari Hacker

Education, Knowledge, Uncategorized
Bagaimana Cara Menjaga Website Dari Hacker

Website haruslah ada proteksi dan Anda harus tahu bagaimana cara untuk menjaga website Anda dari ancaman hacker.

Semakin majunya perkembangan teknologi, maka semakin banyak pula potensi dan risiko yang ditimbulkan. Terutama pada website dan layanan internet lainnya yang memiliki kapasitas besar diserang oleh para hacker

Jika Anda pemilik sebuah website, dan adanya serangan hacker pasti akan merasa khawatir, bukan? Apalagi website anda merupakan e-commerce, akibatnya pendapatan Anda menjadi berkurang dan data pelanggan pun dapat dicuri kemudian dijual ke pasar gelap internet.

Tidak hanya pemilik toko online saja, bahkan hacker menyerang berbagai situs seperti milik pemerintah, swasta, bahkan website pribadi yang dinilai menguntungkan bagi mereka. 

Tapi jangan terlalu panik, untuk menghindari serangan siber ini, kami akan mengarahkan Anda untuk menjaga website dari serangan para hacker. Namun, sebelum mengetahui cara menanggulanginya, mari simak terlebih dahulu penjelasan singkat mengenai apa itu hacker dan jenis serangannya.

Apa Itu Hacker?

Secara istilah, hacker adalah orang yang memiliki skill dalam memanfaatkan pengetahuannya untuk menganalisa, memodifikasi, dan meretas masuk ke jaringan atau perangkat demi keuntungan tertentu. 

Seringkali Hacker disamakan dengan Cracker, padahal keduanya mempunyai perbedaan. Hacker memodifikasi dan membongkar masuk ke jaringan tanpa merusak sistem atau perangkat, sedangkan Cracker membobol keamanan untuk merusak bahkan sampai menghapus data. 

Tindakan hacker yang merugikan pihak tertentu merupakan tindakan kriminal. Mengenai peretasan ini terdapat hukum yang mengatur yang termuat dalam Undang-Undang (UU) 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Karena hacker dapat mencuri penggunanya untuk diperjual belikan, bahkan bisa mengancam dan meminta tebusan agar website dapat dikembalikan ke semula.

Namun, ada pula hacker yang bekerjasama secara legal, seperti menguji keamanan sistem pada perusahaan tertentu.

Nah, di artikel ini, kami akan membahas serangan hacker yang merugikan pemilik website. Hacker akan datang menyerang dengan berbagai macam dan jenisnya. Dan mereka biasanya sudah mempunyai struktur target tertentu dan telah melakukan riset terlebih dahulu. 

Motifnya yaitu demi keuntungan mereka terutama dalam bentuk materi maupun menyalurkan agresi mereka. Berikut ini adalah beberapa jenis serangan hacker yang kerap terjadi.

Website yang tingkat traffic pengunjungnya tinggi akan disukai oleh pemilik website, bagaimana cara meningkatkan traffic? baca selengkapnya di:

Cara Meningkatkan Traffic Website

baca juga 4 Penyebab Website Lambat

Bagaimana Cara Menjaga Website dari Serangan Hacker

Setelah mengetahui apa itu hacker dan berbagai jenis serangannya, pasti Anda ingin melindungi website dari serangan hacker, bukan? Mungkin dalam pikiran Anda melindungi website dari serangan hacker sangatlah rumit, harus mengetahui berbagai teknis dalam dunia IT.

lalu bagaimana cara menjaga website Anda dari hacker? simak sampai habis!

1. Lakukan Backup Data Sesering Mungkin

Backup data merupakan hal yang paling mudah namun sangat diperlukan ketika ingin mengelola website. Buatlah satu tempat penyimpanan data yang dirasa aman dan tidak akan hilang. 

2. Selalu Update Software dan Aplikasi

Melindungi website dengan cara ini memang paling sederhana untuk dilakukan dan begitu penting bagi web personal atau brand. Tetapi, banyak website perusahaan atau perseorangan tidak melakukan hal ini.

Alangkah lebih baik jika tidak menunda melakukan update software maupun aplikasi, mengingat para hacker dapat dengan mudahnya memindai ribuan data dari website dalam hitungan jam. Bila rahasia keamanan website diketahui hacker, maka hacker lainnya akan mengikuti sehingga peluang  website terserang semakin banyak.

3. Gunakan Firewall

Cara selanjutnya untuk menjaga website Anda dari hacker adalah menggunakan Firewall. Firewall merupakan sebuah aplikasi yang menyediakan fitur yang mampu memblokir serangan hacker dengan menyaring spammer dan bot berbahaya dari website

Selain itu, aplikasi ini juga digunakan untuk memblokir situs tertentu yang berpotensi menyerang website lain. Cara ini bisa memblokir IP address secara otomatis sehingga tidak dapat mengakses situs berbahaya yang dapat merugikan website Anda.

Di dalam website memungkinkan adanya terjadi bug pula. Apakah kalian sudah tahu apa itu bug dan bagaimana bisa terjadi? jika belum baca pula:

Apa itu Bug dan Bagaimana Bisa Terjadi

4. Gunakan SSL

Secure Socket Layer (SSL) bisa Anda gunakan sesuai dengan aturan yang telah terenkripsi untuk mentransfer informasi antara website dan database. Penggunaannya akan menyulitkan para hacker masuk ke situs website karena telah terlindungi oleh SSL. 

Dengan adanya SSL website Anda juga lebih dipercaya para pengunjung.

5. Memilih Penyedia Layanan Cloud Hosting Terpercaya

Di Indonesia sekarang ini banyak sekali jasa penyedia layanan hosting yang mampu memberikan keamanan website Anda dari serangan hacker. Meskipun begitu, harus pandai memilih layanan hosting terbaik dan terpercaya.

Itulah beberapa jenis serangan hacker dan bagaimana cara melindungi website Anda dari serangan para hacker. Jangan lupa lebih selektif dalam memilih jasa layanan hosting agar performa dan keamanan website Anda lebih terjamin.

 

Jika terdapat masalah pada website Anda, tidak perlu khawatir, dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan perkembangan dalam website Anda, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

frapioneer, frappio, hacker, hosting, it consultant, knowlage, website
Share it :
Related News
Manfaat Domain untuk Bisnis
Manfaat Domain untuk Bisnis
manfaat website builder
Manfaat Website Builder. Wajib Tahu!
Cloud Hosting dan Manfaatnya
Cloud Hosting dan Manfaatnya
Menu