1. Home
  2. Education
  3. Tips Melindungi Website Anda

Tips Melindungi Website Anda

Education, Knowledge, Technology, Uncategorized
Tips Melindungi Website Anda

Dalam berinternet Anda memerlukan beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk melindungi website Anda dari serangan hacker.

Semakin berkembangnya zaman, semakin beragam pula ancaman hacker yang dapat menyerang website Anda. Bahkan tidak sedikit juga website yang berpotensi terkena serangan hacker. Maka dari itu Anda memerlukan beberapa tips untuk menjaga dan melindungi website Anda dari hacker, sehingga ada proteksi lebih untuk website Anda.

 

Melindungi website dari hacker haruslah dilakukan dengan semaksimal mungkin sehingga dapat mencegah kejadian yang tidak Anda inginkan terjadi. Melakukan proteksi yang berkala merupakan cara yang paling sederhana untuk melindungi website Anda dari hacker.

Lalu apa saja macam-macam hacker yang dapat menyerang website Anda? Simak selengkapnya di:

5 Jenis Aksi-Aksi Cybercrime

baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Website Dari Hacker

 

Berikut adalah tips menjaga website Anda dari hacker:

  1. Themes website

Menggunakan tema yang menarik dan beragam pastinya akan menarik para pengunjung untuk dapat menikmati website Anda. Namun tidak sedikit pula yang menggunakan tema gratisan yang belum tentu aman bagi website Anda. Bahkan banyak dari tema website termasuk wordpress yang ilegal dan di download pada website yang tidak resmi, dengan demikian akan membuat para hacker mencari celah untuk mengotak-atik website Anda. Maka dari itu gunakanlah tema yang resmi yang telah disediakan atau Anda bisa membeli di laman resmi untuk website Anda.

  1. Plugin

Selain menggunakan tema, plugin juga berpengaruh penting untuk meningkatkan traffic pada website Anda. Terdapat berbagai macam plugin yang bisa Anda gunakan untuk memperindah website Anda. Namun berhati-hatilah dalam memilih plugin untuk website Anda, karena banyak juga plugin abal-abal yang berpotensi menyebabkan mudahnya para hacker melacak website Anda. Gunakan plugin resmi yang telah disediakan dan juga gunakan sesuai kebutuhan website Anda. Lakukan juga pembaruan berkala jika plugin tersebut meminta update di laman Anda. Anda juga bisa menggunakan plugin keamanan untuk website Anda terutama wordpress untuk melindungi website Anda. Lalu apa saja plugin wordpress dan plugin keamanan terbaik untuk wordpress? Simak artikel berikut:

Plugin Cache WordPress Terbaik

Plugin Keamanan WordPress Terbaik

  1. Kata Sandi

Dalam menggunakan website Anda harus memasukan format kepemilikan atau login untuk dapat mengakses website Anda. Gunakanlah kata sandi atau password yang tidak mudah dilacak atau yang ‘kuat’ untuk website Anda sehingga tidak mudah di track oleh orang lain bahkan hacker. Jangan menggunakan password yang mudah ditebak dan sedikit karakter di dalamnya namun tidak merepotkan Anda.

Anda dapat menggunakan kombinasi huruf, angka, bahkan simbol jika memungkinkan. Tidak banyak yang menyarankan lebih dari 8 karakter di dalamnya, sehingga keamanan dalam website Anda akan terus terjaga.

  1. Batasi Percobaan Login

Para pemilik website kemungkinan besar tidak akan lupa akan passwordnya sendiri. Para hacker akan terus mencoba dan membobol website Anda dengan cara menebak-nebak password Anda dan mulai mengotak-atik website Anda bahkan mengganti kata sandi website Anda supaya Anda tidak dapat lagi menggunakan website Anda. Maka dari itu batasi percobaan login Anda paling tidak sebanyak 3 kali dan setelah itu blokir percobaan masuk ke website Anda. 

  1. Gunakan Two Step Authentication

Jika Anda benar-benar lupa kata sandi website Anda, gunakan 2 step authentication sehingga hanya Anda yang dapat mengubah dan mengganti password website Anda, sehingga sistem akan mengirimkan SMS atau email untuk memberikan kode yang telah disediakan yang gunanya untuk mengkonfirmasi jika itu benar-benar Anda sang pemilik website.

  1. Backup Data

Lakukan backup data pada website Anda secara rutin sehingga dapat menghindari kehilangan data yang penting di website Anda. Dengan melakukan backup data Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan data penting di website Anda karena semua sudah tersimpan di dalam storage website Anda.

  1. Gunakan Jasa Hosting Terpercaya

Tips yang terakhir untuk melindungi website Anda dari hacker adalah menggunakan hosting. Penggunaan Hosting sudah tidak diragukan lagi keamananya untuk website Anda. Namun tidak sedikit pula jasa penyedia hosting yang abal-abal dan tidak sepenuhnya memproteksi keamanan website Anda yang menyebabkan hacker mempunyai celah untuk mengubah website Anda. Gunakanlah penyedia layanan hosting yang terpercaya dan berkualitas untuk website Anda sehingga akan meningkatkan performa website Anda dan juga dapat mengamankan website Anda dari serangan hacker.

 

Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk memilih jasa penyedia hosting terpercaya, di Frappio Anda dapat mempercayakan website Anda untuk meningkatkan performa dan keamanan website Anda.

Frappio

Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

blog, education, frapioneer, frappio, hosting, it consultant, knowledge, pembuatan website, technology, tips, website, website builder, website hosting
Share it :
Related News
Mulai Bisnis Melalui Website
Mulai Bisnis Melalui Website
INFORMASI PENTING!
Lowongan Kerja Digital Marketing
Menu