1. Home
  2. Education
  3. Cloud Hosting dan Manfaatnya

Cloud Hosting dan Manfaatnya

Education, Knowledge, Uncategorized
Cloud Hosting dan Manfaatnya

Pada era perkembangan teknologi seperti sekarang ini istilah cloud hosting memang kurang begitu populer dan banyak yang belum mengenal apa manfaatnya. Hal tersebut wajar dikarenakan tidak banyaknya pengetahuan serta sumber informasi seputar layanan hosting yang berbasis cluster ini.

Meskipun kurang populer saat ini sudah banyak developer lokal yang mulai beralih menggunakan layanan cloud hosting, baik untuk kebutuhan pribadi maupun perusahaan. Apa itu cloud hosting dan apa saja manfaatnya? Mari kita bahas pengertian layanan cloud hosting untuk dapat menambah pengetahuan Anda.

Apa itu Cloud Hosting?

Cloud Hosting adalah tipe web hosting yang tidak hanya menggunakan satu server saja, melainkan menggunakan beberapa server untuk menyeimbangkan beban (load) dan memaksimalkan jam kerja server (uptime). Dengan kata lain, cloud hosting merupakan teknologi yang menggabungkan beberapa server untuk berjalan layaknya satu server utuh. Tujuannya tak lain untuk menjaga performa.

Jadi, tipe hosting ini tidak menggunakan single server tetapi menggunakan teknologi yang dikenal dengan nama “cluster” –menggabungkan beberapa resource server secara terpusat. Semakin banyak server yang tergabung di dalam satu cluster maka semakin besar resource yang ditambahkan.

Teknologi cluster memungkinkan website tetap berjalan meski salah satu server bermasalah. Saat salah satu server bermasalah, server lain akan menjaga website tetap berjalan. Hal itu membuat tingkat uptime-nya cenderung tinggi karena server saling mem-backup.

Terlepas dari itu, cloud hosting juga memiliki kemampuan ekstra untuk menampung lebih banyak trafik sehingga sangat cocok digunakan oleh para pengembang website profesional seperti toko online, portofolio perusahaan, hingga website instansi pemerintahan.

Manfaat Cloud Hosting Untuk Website


  1. Lebih leluasa ketika ingin beralih ke layanan yang lebih tinggi (upscalling)

Berbeda dengan menggunakan hosting yang biasanya, dengan menggunakan cloud hosting akan lebih mudah ketika ingin meningkatkan kualitas tampilan konten video dan gambar. Hal ini akan memudahkan para pengguna website beralih atau bahkan meningkatkan layanan hosting pada website Anda.

 


  1. Mampu Menampung Trafik Masif

Teknologi cluster memungkinkan website untuk menampung trafik yang masif. Sehingga, tidak perlu khawatir mendapatkan trafik yang berlebihan yang dapat membuat website down dan kehilangan pengunjung. Server dapat diakses ribuan bahkan jutaan orang secara bersamaan. Ketika ada salah satu server yang overload maka beban akan dibagi dengan server lain. Metode pembagian ini dikenal dengan sistem back-up resource.

 


  1. Performa Tinggi Dan Aman

Developer bisa dengan mudah menambahkan resource saat trafik tinggi dan menguranginya ketika trafik sudah mulai normal kembali, sehingga Anda dapat menciptakan platform yang cepat, fleksibel, dan dengan mudah dikustomisasi.

Ketika kebanyakan layanan hosting mengalami masalah keamanan seperti penyadapan jaringan dan penyalahgunaan data. Layanan cloud hosting menawarkan keamanan dan kerahasiaan data, kontrol akses data, dan integritas data.

Selain itu, penyedia layanan juga dapat menambahkan algoritma enkripsi untuk melindungi data pribadi dan privasi.

 Lalu bagaimana cara memilih web hosting terbaik? Simak lagi di:

Cara Memilih Web Hosting Terbaik
baca juga: Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS

Perbedaan Web Hosting Reguler Dan Cloud Hosting

Faktor pertama yang membedakan antara web hosting reguler dan cloud hosting bisa dilihat dari segi biaya. Untuk cloud hosting Anda hanya perlu membayar biaya sesuai besar kapasitas layanan yang digunakan, sementara untuk web hosting konvensional Anda harus membayar biaya server lengkap dengan hardware yang juga sama-sama digunakan oleh leaseholder hosting lain. Biaya sewa web hosting reguler tersebut juga akan semakin membengkak ketika Anda memutuskan untuk menyewa dedicated server.

Perbedaan berikutnya ada pada sektor performa dimana provider layanan cloud hosting biasanya berani memberikan bandwidth unmetered atau tidak terbatas, Sementara tiap-tiap penyedia layanan web hosting tradisional masih dibatasi dengan bandwidth sesuai kuota.

Komputasi awan atau cloud computing, secara umum kini makin penting dan kebutuhan masyarakat modern untuknya juga kian meningkat. Teknologi ini mampu membawa dan mengarahkan website industri dan bisnis semakin terkenal di dunia online. Jadi, jangan heran jika Anda menemukan bentuk cloud hosting yang menjadi tulang punggung bagi semuanya.

Dengan menggunakan jasa Web Hosting dari Frappio, maka Anda tidak perlu khawatir untuk masalah dalam website Anda.

Jika terdapat masalah pada website Anda, tidak perlu khawatir, dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan perkembangan dalam website Anda, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

cloudhosting, education, frapioneer, frappio, hosting, it consultant, knowledge, pembuatan website, web development, website
Share it :
Related News
Website Downtime Bisnis Terancam
Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui!
Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui!
Tips Melindungi Website Anda
Tips Melindungi Website Anda
Menu