1. Home
  2. Education
  3. Apa Itu Bug dan Bagaimana Bisa Terjadi?

Apa Itu Bug dan Bagaimana Bisa Terjadi?

Education, Knowledge, Uncategorized
Apa itu Bug dan Penyebabnya?

Dalam menggunakan website Anda sering kali menemukan bug. Apakah kalian tau apa itu bug dan bagaimana bug itu bisa terjadi?

Di dalam dunia IT pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah Bug. Dalam sehari-hari bug yang kita ketahui adalah serangga. Namun berbeda pada dunia teknologi khususnya programmer, Apa sih bug itu? Bug merupakan istilah untuk menyebut suatu kesalahan dalam sistem yang dapat menyebabkan suatu program atau aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik. Dalam pembuatan aplikasi maupun website pasti bug akan selalu ada saat proses pengembangan hingga proses produksi.

Bug pada dunia digital dibagi menjadi dua yaitu bug minor yang merupakan kesalahan kecil pada proses development yang biasanya jika terjadi tidak akan mengganggu jalannya suatu program. Dan yang kedua adalah Bug major, yang merupakan kesalahan error pada saat proses produksi yang nantinya akan menyebabkan terhentinya suatu proses produksi yang jika kesalahannya fatal aplikasi tersebut tidak dapat dilanjutkan.

Bug terjadi karena adanya kesalahan pada perangkat lunak atau perangkat keras pada  komputer atau mobile, yang terjadi karena software atau hardware tidak berjalan semestinya dengan yang diharapkan sehingga akan menyebabkan error pada sistem.

Apakah Anda tahu apa pentingnya Search Engine Optimization? simak selengkapnya di

Pentingnya SEO Dalam Website yang Harus Diketahui!

simak juga: Apa Itu Search Engine Marketing?

 

Setelah mengetahui apa itu bug, Lalu apa sih yang menyebabkan terdapat bug di dalam sebuah program, dan bagaimana bug bisa terjadi? Berikut adalah penyebab utama terjadinya bug:

1. Human Error

seorang programmer yang tidak berpengalaman akan menyebabkan kesalahan dalam pembuatan program atau server. Tidak semua programmer ahli dalam domain. Kurangnya praktek dalam peng’kode’an sederhana, pengujian unit, debugging menjadi alasan mengapa ada masalah dalam pengembangan program. Tidak semua programmer tahau bagaimana cara mengatasi kesalahan tersebut.

Adanya penjadwalan atau deadline proyek yang akan dilakukan di perangkat lunak yang sulit dikerjakan akan membutuhkan banyak perkiraan. Jadwal yang kurang realistis pada proses pengembangan selalu menjadi alasan mengapa suatu aplikasi atau website bermasalah. Terkadang seorang programmer tidak diberi deadline yang sesuai dengan apa yang diinginkan, sehingga tidak ada cukup waktu untuk mengetes website tersebut sebelum diberikan ke tim penguji. Hal tersebut bisa mengakibatkan suatu website atau aplikasi mengalami kecacatan.

Contoh yang terjadi dalam kesalah ini yaitu tidak adanya komunikasi antar programmer, perubahan permintaan client, atau terlalu percaya diri dengan hasil tugasnya.

Dalam menggunakan Website Anda harus tahu cara meningkatkan pengunjung website Anda. Ingin tahu caranya? simak di

Cara Meningkatkan Traffic Website

2. Script Error

Selain human error kesalahan lainnya yang menyebabkan terjadinya bug adalah script error. Script Error ini terjadi jika ada kesalahan dalam pengetikan script, sehingga terkadang pesan kesalahan akan muncul pada outputnya ketika dijalankan.

Dalam pengembangan sistem software yang kompleks, terkadang terdapat software yang rumit sehingga memerlukan pemecahan masalah yang sepadan. 

Terkadang kesalahan dalam peng-coding-an sering terjadi dan berdampak buruk untuk pengembangan aplikasi atau website.  Untuk mempertahankan atau memodifikasi kode sangat sulit untuk dilakukan.

Terkadang pula script error akan menghentikan proses eksekusi script. Alasan umum pada script error adalah sebagai berikut:

  • Kutipan yang tidak ditutup
  • Kelebihan atau kekurangan tanda kurung
  • Kurung kurawal yang tidak ditutup
  • Kurang titik koma

Jika masalah seperti poin diatas terjadi, maka lakukanlah scan ulang dalam pembuatan website atau aplikasi Anda, sehingga akan lebih teliti dalam pembuatan program yang sedang Anda kerjakan.

3. Peralatan Yang Malfungsi.

Masalah dalam pembuatan program tidak hanya dikarenakan manusia itu sendiri, namun bisa saja disebabkan oleh hardware atau perangkat itu sendiri. 

Ketika terjadinya kesalahan dalam komponen komputer maka kinerja untuk pengembangan program akan terganggu kinerjanya. Hal demikian merupakan salah satu mengapa muncul bug di program tersebut yang sedang dioperasikan.

Peralatan yang digunakan seorang programmer juga berpengaruh terhadap hasil karyanya. Peralatan disini bisa berupa hardware, program yang digunakan untuk membuat source code, dll. Maka dari itu, jika pada peralatan yang digunakan saja sudah mengalami malfungsi maka tidak menutup kemungkinan bug muncul dari hal tersebut.

Jadi bagaimana Frappioneer! Sudah mengerti tentang Apa itu bug dan bagaimana terjadinya?

Anda tidak perlu khawatir jika ada masalah pada website Anda. Dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan perkembangan dalam website Anda, sehingga Anda bisa fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurusi masalah website Anda. Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

bug, education, frappio, frappioneer, hosting, it consultant, knowlage, website
Share it :
Related News
Penyebab website lambat
4 Penyebab Website Lambat
Istilah-istilah dalam Internet
Istilah-Istilah dalam Internet
Bijak Menggunakan Internet : Milenial Harus Tahu!
Bijak Menggunakan Internet: Milenial Harus Tahu!
Menu