1. Home
  2. Education
  3. Manfaat AI Bagi Perusahaan

Manfaat AI Bagi Perusahaan

Education, Knowledge, Technology
Manfaat AI Bagi Perusahaan

Dalam dunia digital seperti sekarang perusahaan haruslah mengetahui manfaat AI atau artificial intelligence bagi perkembangan perusahaan.

Sekarang ini dalam dunia bisnis semakin ketat, perusahaan harus memiliki inovasi berbeda dengan pesaingnya dan memberikan kebutuhan yang sesuai kepada para pelanggannya. Perusahaan bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk berinovasi meningkatkan layanan dan produk berkualitas yang memuaskan bagi pelanggan.

Salah satunya memanfaatkan Artificial Intelligence bagi perusahaan. Nah, Artificial Intelligence (AI) atau yang biasa disebut kecerdasan buatan ini merupakan sebuah teknologi yang dibuat meniru fungsi kognitif dari manusia. Teknologi ini kecerdasannya diprogram sedemikian rupa seperti manusia sehingga dapat menganalisis data, memahami pola, mengenali lingkungan sekitar, dan membuat keputusan.

Apakah Anda tahu itu UI dan UX? Jika belum, yuk baca kembali:

Apa Itu Ui dan UX?

baca juga: Istilah-Istilah Dalam Internet

Artificial Intelligence diciptakan untuk memahami dan memberikan solusi terkait masalah agar lebih cepat dan efektif. Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan ini telah dikembangkan secara nyata pada pertengahan abad 20. Ilmuwan dalam bidang komputer, John MacCharty menerangkan bahwa Artificial Intelligence adalah suatu aktivitas yang dilakukan manusia dalam membuat teknologi agar memiliki peran dan tingkah laku layaknya manusia.

Dalam proses kerjanya, Artificial Intelligence membutuhkan data untuk dijadikan sebagai pengetahuan, sama halnya dengan manusia. Artificial Intelligence memerlukan pengalaman dan data agar dapat berkembang lebih baik lagi. Sasaran utama dalam proses Artificial Intelligence antara lain learning, reasoning, dan self correction.

Tujuan Adanya Artificial Intelligence

Setelah kita tahu penjelasan tentang Artificial Intelligence (AI), berikut akan kami paparkan beberapa tujuan dari adanya Artificial Intelligence.

AI atau Artificial Intelligence adalah suatu produk hasil pengembangan teknologi yang dibuat dengan tujuan sebagai berikut.

  1. Membentuk teknologi yang lebih cerdas

Tujuan utama dikembangkannya teknologi ini untuk membuat suatu teknologi menjadi lebih pintar agar dapat dimanfaatkan dalam membantu kegiatan manusia.

 

  1. Membuat suatu teknologi yang bermanfaat

Dilihat dari sisi kewirausahaan, Artificial Intelligence ini mampu membuat suatu usaha meningkatkan hasil yang lebih maksimal karena teknologi ini dapat meringankan pekerjaan. Artificial Intelligence juga mampu mengumpulkan dan menganalisis data sehingga Anda dapat mengetahui peluang baru dalam bisnis Anda.

Penerapan teknologi Artificial Intelligence juga telah merambah ke berbagai bidang seperti industri, medis, pendidikan, dan kehidupan sehari-hari. Yuk baca apa saja penerapan Artificial Intelligence yang sering Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Penerapan Artificial Intelligence

Berikut contoh dari teknologi Artificial Intelligence yang ada di kehidupan sehari-hari.

1. DeepFace Facebook

Pati Anda tidak asing dengan aplikasi bernama Facebook, bukan? Facebook menjadi salah satu contoh penerapan Artificial Intelligence yaitu terdapat pada teknologi DeepFace Facebook. Artificial Intelligence ini berfungsi untuk menandai foto orang dalam foto sehingga Anda tidak perlu menandai orang secara manual.

Artificial Intelligence dilatih terlebih dahulu menggunakan data sebelum dapat mengidentifikasi bahwa dalam foto tersebut adalah Anda. Data tersebut diperoleh melalui foto-foto sebelumnya dan orang yang menandai bahwa foto tersebut adalah Anda. Setelah Artificial Intelligence berlatih dan memiliki banyak data, maka nantinya akan mengidentifikasi orang yang ada di foto.

2. Rekomendasi E-Commerce

Penerapan Artificial Intelligence yang kerap dijumpai selanjutnya adalah rekomendasi produk pada e-commerce. Jika Anda pernah berbelanja produk di salah satu situs belanja online pasti Anda akan menemukan produk-produk yang direkomendasikan untuk Anda. Produk tersebut merupakan hasil Artificial Intelligence.

Lalu bagaimana Artificial Intelligence merekomendasikan produk-produk yang akan direkomendasikan untuk Anda? Artificial Intelligence memperoleh data dari diri Anda sendiri, misalnya ketika Anda melakukan pencarian, pembelian, atau melihat berbagai produk, maka data tersebut yang akan diproses dari pikiran Artificial Intelligence yaitu data mining sehingga akan merekomendasikan produk yang sesuai dengan Anda.

3. Asisten Virtual

Berikutnya contoh dari Artificial Intelligence yang lain yaitu asisten virtual, ada beberapa fasilitas asisten virtual terdapat di Google assistant, Siri atau Alexa. Asisten virtual ini bisa mencatat acara atau janji Anda, memberikan informasi waktu acara, serta bisa Anda gunakan untuk berinteraksi. 

Asisten virtual ini bisa diperintahkan untuk melakukan pengiriman pesan, memutar musik, dan membuka aplikasi. Asisten virtual tersebut akan terus belajar selama Anda menggunakannya, sehingga dapat mengetahui apa yang Anda sukai dan hal apa saja yang biasa Anda lakukan.

Setelah kita tahu penjelasan singkat dari Artificial Intelligence dan apa saja contoh yang penerapannya di kehidupan, selanjutnya kami akan menerangkan manfaat Artificial Intelligence bagi perusahaan terutama dalam dunia bisnis. 

 

Manfaat Artificial Intelligence bagi Perusahaan

Artificial Intelligence diketahui mampu menyelesaikan persoalan perusahaan dalam skala besar. Selain itu manfaat AI bagi perusahaan adalah akan mengubah ekosistem bisnis dan korelasi antara perusahaan dengan pelanggan melalui otomatisasi, misalnya dengan machine learning. 

Berbagai manfaat Artificial Intelligence bagi perusahaan khususnya berbasis bisnis, diantaranya:

1. Adanya teknologi pencarian yang memberi kemudahan

Teknologi Artificial Intelligence membantu pelanggan dalam melakukan pencarian mengenai apa yang diinginkan sehingga akan lebih fokus pada subjek yang sangat diminati.

Kemudian membantu pelanggan untuk lebih cepat mengambil keputusan dan perusahaan akan lebih dekat dengan pelanggan.

2. Promosi lebih efektif

Selanjutnya manfaat AI bagi perusahaan yaitu membantu menentukan strategi promosi yang lebih efektif, karena dapat mengakses data untuk menggali keinginan dan kebutuhan para pelanggan melalui keyword yang digunakan dalam pencarian, profil pengguna, maupun data lainnya. Sehingga perusahaan bisa menerapkan sistem promosi yang efektif dan hemat biaya.

3. Lebih dekat dengan pelanggan

Melalui Artificial Intelligence, data data tentang perilaku, selera, dan gaya hidup pelanggan dapat dianalisis menjadi sebuah data dan menciptakan tren yang diinginkan para pelanggan sehingga Artificial Intelligence akan memberikan pilihan yang muncul sesuai dengan keinginan para pelanggan. Hal ini digunakan perusahaan agar dapat menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggannya.

Nah, Anda sudah mengerti bukan apa saja manfaat dari Artificial Intelligence bagi perusahaan. Anda mungkin bertanya-tanya, lalu bagaimana menggunakan Artificial Intelligence agar lebih efektif dalam bisnis? Mari simak penjelasan dibawah ini.

 

Tips efektif menggunakan Artificial Intelligence pada Bisnis

1. Periksa Bagaimana Pesaing Anda Menggunakan AI pada Bisnis Mereka

Dengan adanya bantuan teknologi internet, Anda bisa tahu banyak hal misalnya dengan pencarian website “bagaimana (nama kompetitor) menggunakan Artificial Intelligence (AI). Situs pencarian akan menghasilkan informasi tentang perusahaan pesaing dalam memanfaatkan Artificial Intelligence untuk bekerja.

Selanjutnya, periksa situs website atau media sosial perusahaan pesaing dengan menjelajahi siaran pers, liputan berita, dan blog yang dikelola. Anda mungkin akan mendapatkan laporan tahunan atau literatur dari beberapa tahun kebelakang yang masih tersedia di internet.

2. Putuskan Apa yang Dapat Dilakukan AI pada Bisnis Anda

Setelah Anda melakukan beberapa riset, Anda harus membuat daftar data dan kesimpulan yang dapat dilakukan oleh Artificial Intelligence untuk bisnis secara umum seperti jenis teknologi Artificial Intelligence, jenis pemrosesan Artificial Intelligence digunakan untuk apa, dan apa yang bisa digunakan dari Artificial Intelligence ini.

Manfaat penggunaan AI bagi perusahaan dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan berbagai aktivitas yang memerlukan waktu lama dan sumber daya. Penggunaan Artificial Intelligence juga memberi kemudahan bisnis dalam merancang produk dan layanan yang diperlukan oleh pelanggan. Artificial Intelligence sangat mengerti kebutuhan para pelanggan, memiliki sifat perhatian yang tinggi terhadap keinginan dan kebutuhan pelanggan. Serta memikirkan bagaimana perusahaan dapat melayani pelanggan dengan baik.

Frappio dapat membantu perusahaan bisnis Anda dalam menggunakan teknologi Artificial Intelligence dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda. Dengan teknologi Artificial Intelligence, bisnis yang Anda miliki akan lebih menghemat biaya karena telah disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Di Frappio Anda dapat berkonsultasi dan menyediakan layanan hosting dengan kecepatan, keamanan, dan kemampuan terbaik untuk meningkatkan website Anda.

Jika terdapat masalah pada website Anda, tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan perkembangan dalam website Anda, sehingga Anda bisa fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

AI, bisnis, education, frappio, frappioneer, it consultant, knowlage, teknologi, website, website builder, website hosting
Share it :
Related News
Manfaat Google Analytics untuk Bisnis
Manfaat Google Analytics untuk Bisnis
Fungsi Web Hosting
Wow bisa Bambang!
Manfaat Mengikuti Perkembangan Teknologi
Menu