1. Home
  2. Knowledge
  3. Apa Itu UI dan UX?

Apa Itu UI dan UX?

Knowledge, Services, Technology
Perbedaan UI dan UX

Dalam pengembangan website, Anda pasti sering mendengar kata UI dan UX. Apakah Anda tahu apa itu UI dan UX?

User Interface (UI) dan User Experience (UX) , keduanya sering digunakan dalam pengembangan website atau pembuatan aplikasi. UI dan UX saling berkaitan. Namun, keduanya tentu berbeda. Sebelum membahas perbedaannya, mari kenali dulu apa itu UI dan UX.

User Interface (UI)

User Interface (UI) adalah desain yang ditampilkan pada website atau aplikasi Anda. UI sendiri merupakan tampilan desain untuk mesin dan perangkat lunak seperti komputer, perangkat mobile, dan alat-alat elektronik lainnya. Desain tersebut yang nantinya akan memaksimalkan pengalaman para penggunanya. Orang umum lebih sering menyebutnya dengan tampilan atau desain dalam sebuah website.

Fungsi dari UI sendiri adalah untuk memperbaiki tampilan agar lebih menarik. Disamping itu, UI berfungsi untuk mempermudah penggunaan website sehingga dapat meningkatkan kepuasan bagi para penggunanya.

Beberapa komponen dari UI diantaranya ialah komponen ikon, tema, layout, animasi yang ditampilkan pada produk, dan visual interaktif yang bersangkutan lainnya.

User Experience (UX)

User Experience (UX) merupakan proses dimana Anda akan mendesain suatu produk melalui pendekatan para pengguna website atau aplikasi. Dengan begitu Anda bisa mendesain produk yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan penggunanya.

Pengalaman yang menyenangkan dari pengguna akan menunjukkan bahwa produk tersebut menggunakan desain UX. Hal tersebut dikarenakan pengguna merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan produk tersebut.

Komponen dari UX meliputi fitur yang telah disediakan pada produk, struktur desain, navigasi penggunaan produk, dan seluruh aspek interaksi dari pengguna. UX juga menentukan bagaimana Anda menentukan branding produk Anda sesuai dengan target pengguna Anda.

UX merupakan proses peningkatan kepuasan pengguna aplikasi atau website Anda, baik pengguna maupun pengunjung dalam meningkatkan experience yang diberikan antara pengguna website.

Dari penjelasan diatas UI dan UX keduanya saling berkaitan namun sangat berbeda. UI merupakan bagian UX yang berupa tampilan visual dari sebuah sistem seperti website atau aplikasi. Tampilan itulah yang akan berpengaruh dalam interaksi para pengunjung atau pengguna sistem tersebut.

Setelah mengetahui penjelasan mengenai UI dan UX, mari kita perjelas perbedaan diantara keduanya,

Simak lagi:

Apa Fungsi Web Hosting (Penjelasan Lengkap+Cara Memilihnya)

dan Pentingnya SEO Dalam Website Yang Harus Diketahui

Perbedaan UI dan UX

Dari penjelasan tentang UI, komponen yang diterapkan dalam UI terdiri dari interface desain yang Anda ciptakan. Interface tersebut akan memproduksi grafik, ikon, atau visual desain yang baik. Tujuannya agar segala hal yang berkaitan dengan warna, font, gambar dan visual lainnya selaras satu dengan yang lainnya.

UI berfokus pada visualisasi yang berkaitan dengan keunikan dan ciri khas yang dapat menciptakan kreatifitas yang sesuai dengan kebutuhan interface yang akan digunakan oleh pengguna. Visualisasi ini merupakan kunci dari penataan bentuk suatu website atau aplikasi.

Lain lagi dengan UX, User Experience merupakan proses untuk membuat desain yang sudah dikerjakan bisa diakses dan digunakan sehingga akan lebih mudah digunakan dan tidak ada masalah dalam penggunaannya.

User Experience berperan dalam research pasar lebih besar, karena UX akan berfungsi saat diimplementasikan kedalam interface, dan harus fokus dalam perancangan dan tampilan yang akan bekerjasama dengan sistem.

UX harus mengkaji lebih dalam dalam pemecahan masalah pengguna user. Seorang UX designer harus memastikan bahwa setiap langkah berjalan dengan baik dan jelas sehingga dapat mudah dipahami. Jika terdapat masalah dalam website atau aplikasi tersebut, UX harus turun tangan dalam mengatasi masalah tersebut.

User Interface  berfokus pada visualisasi website seperti tata letak, desain visual dan branding, sedangkan User Experience berkonsentrasi pada pemecahan masalah penggunanya.

Jadi bagaimana Frappioneer? Sudah paham bukan penjelasan dan perbedaan antara UI dan UX?

Anda dapat memiliki website dengan UI dan UX yang baik melalui Frappio. Website bisnis dengan UI dan UX yang baik dapat memudahkan pelanggan mengenali produk Anda.

Frappio Technology Consulting Service

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses selalu, Frappioneers!

frappio, frappioneer, technology, UI/UX, User Experience, User Interface, webbuilder, webhosting, website builder, website development, website hosting
Share it :
Related News
Wow bisa Bambang!
Manfaat Mengikuti Perkembangan Teknologi
Cara menambahkan email perusahaan di Android & Iphone
Cara menambahkan email perusahaan di Android & Iphone
Manfaat Domain untuk Bisnis
Manfaat Domain untuk Bisnis
Menu