1. Home
  2. Knowledge
  3. Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Knowledge, Technology
Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Di tengah-tengah masa pandemi yang menuntut untuk tidak kontak atau tatap muka secara langsung seperti sekarang ini, membuat Frappioneers sekalian harus tau pentingnya digital marketing di masa pandemi agar bisnis atau usaha kalian tetap bertahan.

Lalu, apa pentingnya digital marketing di masa pandemi? Apa pentingnya bagi bisnis dan usaha?

Simak pembahasannya, biar Frappioneers sekalian tau apa alasannya.

Pentingnya digital marketing di masa pandemi: Kenalan dengan Digital Marketing

Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Digital marketing sederhananya adalah kegiatan pemasaran (termasuk branding) yang dilakukan melalui perangkat digital (HP, komputer, dsb) dengan tujuan mendominasi atau mendapatkan pelanggan dari media digital seperti sosial media dan mesin pencarian.

Dalam digital marketing sendiri juga terdapat banyak jenis seperti berikut ini:

Pentingnya digital marketing di masa pandemi: Pay-per-click advertising (PPC)

Kegiatan pemasaran dengan mengandalkan iklan yang biayanya dihitung per-klik dan biaya tersebut bisa disesuaikan dengan budget.

Search Engine Optimization (SEO)

Kegiatan pemasaran yang dilakukan dengan cara mengoptimasi website agar bisa tampil di halaman pertama (ranking satu) di mesin pencarian dengan harapan agar tidak mengandalkan iklan dan mendapatkan pengunjung organik.

Baca juga: Pentingnya SEO dalam website

Search Engine Marketing (SEM)

Hampir sama dengan SEO, tapi bedanya kegiatan pemasaran yang satu ini sepenuhnya mengandalkan uang untuk beriklan di mesin pencarian.

Social Media Marketing (SMM)

Berbeda dengan kegiatan marketing di atas, SMM sepenuhnya mengandalkan media sosial untuk menarik perhatian calon pelanggan dengan cara mendengarkan keluhan para calon pelanggan dan berbagi solusi.

Affiliate Marketing

Pentingnya digital marketing di masa pandemi: Kegiatan pemasaran populer yang satu ini, di dalamnya terdiri dari penyedia Affiliate marketing (perusahaan), para pengajak (penghasil traffic), dan target (orang yang diajak bergabung) di mana pihak penyedia akan mendapatkan pelanggan/traffic dari para pengajak, sementara para pengajak akan mendapatkan komisi dari penyedia apabila pihak pengajak berhasil mencapai target (target bisa berupa sekadar buat akun, membeli produk, dan sebagainya).

Email Marketing

Seperti namanya, kegiatan pemasaran ini sepenuhnya berlangsung menggunakan email. Jadi pada strategi pemasaran ini, email list atau daftar email itu sangat penting untuk dimiliki dan dibangun.

Instant Messaging Marketing

Kegiatan pemasaran yang satu ini hampir mirip dengan pemasaran door-to-door atau pintu ke pintu. Bedanya kegiatan pemasaran ini berlangsung di chat cepat/instan seperti Messanger, Whatsapp, WeChat, dsb.

Radio Advertising

Radio Advertising adalah kegiatan pengiklanan yang dilakukan di radio dengan tujuan mencari calon pelanggan yang suka mendengarkan radio.

Television Advertising

Radio Advertising adalah kegiatan pengiklanan yang dilakukan di radio dengan tujuan mencari calon pelanggan yang suka mendengarkan radio.

Content Marketing

Content marketing merupakan kegiatan pemasaran yang mengandalkan pembuatan konten bermanfaat seperti infografis, video, artikel, dll dengan maksud menarik perhatian dari publik dan dari sana diharapkan bisa mendapatkan target relevan.

Lalu apa pentingnya digital marketing di masa pandemi?

Dilihat dari penjelasan di atas beserta jenis-jenis digital marketing, saya rasa sudah jelas kalau digital marketing adalah usaha yang dilakukan yang sepenuhnya dilakukan secara digital dan tanpa perlu ada kontak secara langsung.

Bahkan kita hanya perlu akses internet, akun sosial media, dan strategi marketing saja agar kita bisa mengakses platform-platform digital tersebut dan menarik perhatian pembeli dari media digital.

Selain itu, ada hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan…

Pentingnya digital marketing di masa pandemi: Membangun reputasi digital

Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Selain mudah diakses…

…di era Digital seperti sekarang ini di mana hampir semua orang memiliki HP dan laptop (komputer), maka semakin banyak pula orang yang mengakses media sosial dan platform digital lainnya.

Dengan jumlahnya yang sangat besar, bahkan hampir mencakup semua orang, memiliki reputasi digital yang baik di era digital itu sangatlah penting!

Baca juga: Lowongan pekerjaan digital marketing

Untuk itu, mempelajari dan melakukan digital marketing itu sangat penting, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana semua aktivitas di luar ruangan sangat minim dan bahkan hampir semua kegiatan tersebut diganti dengan aktivitas online.

Baik Frappioneers, itu tadi adalah pentingnya digital marketing untuk membangun reputasi digital. Di samping poin tersebut, ada poin yang jauh tidak kalah penting yang akan dibahas pada bagian selanjutnya.

Simak!

Pentingnya digital marketing di masa pandemi: Membangun aset digital

Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Sama halnya dengan toko atau tempat usaha yang berada di tempat strategis, sudah pasti tempat ini memiliki harga yang fantastis karena tempat tersebut berpotensi untuk mendatangkan pelanggan/menghasilkan uang.

Begitu pula dengan aset digital yang sudah ramai akan netizen. Ketika suatu akun media sosial sudah ramai dengan pengikut, terutama pengikut setia, maka akan semakin berpotensi mendatangkan pelanggan dan menghasilkan.

Tidak hanya berlaku di media sosial saja, pada website yang memiliki reputasi yang baik dan jumlah pengunjung yang banyak juga sangat berpotensi mendatangkan pelanggan dan menghasilkan uang.

Itulah mengapa, di era digital seperti sekarang ini, Frappioneers harus memiliki atau setidaknya mulai membangun aset digital. Bisa mulai membuat sosial media, website, dsb.

digital marketing, hosting, indonesia, marketing, murah, pandemi, pembuatan website, percaya, semarang, teknologi, termurah, terpercaya, web builder, web hosting, website
Share it :
Related News
Fungsi Web Hosting
Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui!
Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui!
Perbedaan Website dan Website Application
Perbedaan Website dan Website Application
Menu