1. Home
  2. Career
  3. Manfaat Google Analytics untuk Bisnis

Manfaat Google Analytics untuk Bisnis

Career, Knowledge, Services, Technology
Manfaat Google Analytics untuk Bisnis

Apa saja manfaat Google Analytics untuk Bisnis? Memangnya apa sih Google Analytics itu?

Aplikasi keluaran Google ini sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengambil keputusan untuk bisnis, utamanya dalam hal digital marketing melalui website.

Google memang sudang terkenal dengan dominasi dan manfaat luar biasa yang dibawanya.

Baca juga Keunggulan Mesin Pencari Google

Google Analytics merupakan layanan analisa website dan platform online lainnya. Layanan ini diluncurkan tahun 2005 sesudah mengakuisisi Urchin, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyedia software analisis statistika website. Sekarang, Google Analytics termasuk dalam Google Marketing Platform, sebuah platform khusus analisa periklanan yang sangat bermanfaat untuk marketing.

Google Analytics membawa manfaat melalui fitur-fiturnya. Dalam menjalankan bisnis, fitur-fitur tersebut berguna sebagai alat pengumpul data, sehingga Anda dapat menganalisa dan mengambil kesimpulan by real data, tidak mengada-ada, dan pastinya lebih realistis.

Untuk merasakan manfaat Google Analytics, bisnis Anda perlu memiliki platform online. Salah satu yang paling sederhana dan menguntungkan adalah website.

Baca juga Website Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Berikut beberapa fitur Google Analytics dan manfaatnya untuk Bisnis:

1. Goals

Google Analytics membantu Anda fokus pada hal-hal penting dalam digital marketing.

Bisnis dapat berjalan lebih terarah dan efisien ketika Anda mengetahui jelas apa tujuan Anda, termasuk tujuan marketingnya. Dengan Google Analytics, Anda dapat menandai hal-hal penting yang spesifik dalam marketing, contohnya video atau artikel mana saja yang dibagikan oleh pengunjung website. Di Google Analytics, Anda dapat memasang hingga 20 goals per reporting view. Keren, kan?

2. Audience Report

Data beserta aktivitas yang telah dilakukan oleh pengunjung website dapat direkam oleh Google Analytics. Data yang dimaksud diantaranya ialah demografi, usia, minat, dan lain sebagainya.

Dengan fitur Audience Report, Anda dapat mengambil keputusan yang lebih customer oriented karena Anda dapat mengetahui latar belakang pengunjung yang meminati produk Anda.

3. Customer Acquisition Report

Pengunjung yang sampai pada website Anda tidak serta merta berasal dari pencarian mesin pencari seperti Google. Bisa saja mereka datang dari link yang dibagikan temannya, dari iklan yang Anda pasang, atau dari link yang Anda cantumkan di Bio media sosial bisnis Anda.

Dengan fitur Customer Acquisition Report, Anda dapat mengetahui dari channel mana pengunjung datang. Dengan begitu, Anda dapat memiliki pertimbangan lebih untuk menentukan channel digital marketing yang cocok untuk bisnis Anda.

4. Real-time Behavior Report

Google Analytics memungkinkan Anda mengamati perilaku pengunjung di website Anda secara real-time! Lalu, apa gunanya mengetahui hal tersebut?

Dengan mengetahui perilaku pengunjung secara real-time, Anda dapat mengetahui konten mana yang sedang hangat-hangatnya diminati pengunjung saat itu juga. Dengan begitu, anda dapat melakukan boost pada konten-konten tertentu untuk meraih konversi secepat mungkin.

Sebut saja, dengan fitur ini Anda dapat segera memanfaatkan peluang tipis yang ada untuk meraih keuntungan.

5. Custom Alerts

Google Analytics memungkinkan Anda tetap ‘terjaga’ dalam mengawasi strategi digital marketing Anda.

Trafik website Anda mungkin mengalami fluktuasi selama 24 jam sehari, namun nyaris tidak mungkin kan, Anda mengawasi selama 24 jam sehari?

Dengan Custom Alerts, Google Analytics akan memberikan peringatan apabila terjadi penurunan tertentu padatrafik dan konversi website Anda. Anda dapat mengatur value sedemikian rupa sehingga apabila penurunan hingga value tersebut terjadi, Anda dapat segera menindaklanjutinya.

6. Benchmark

Bandingkan performa bisnis Anda dengan kompetitor menggunakan fitur ini. Tentunya sebagai bahan pertimbangan, agar Anda dapat menganalisa peluang pasar yang Ada, belajar dari kompetitor, dan mengetahui apa saja yang perlu Anda tingkatkan.

Nah, itu dia beberapa fitur Google Analytics beserta manfaatnya untuk Bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan Google Analytics secara gratis. Untuk versi lebih mutakhir, Anda dapat menggunakan versi berbayarnya, yaitu Google Analytics 360. 

Untuk menggunakan Google Analytics dengan website, Anda dapat mendaftarkan website Anda dulu ke frappio.net atau membuatnya sendiri di frappio.website.

Jika Anda menemui kendala, segera hubungi IT Consultant kami melalui WA dan Telegram (+62) 880906250168.

Salam sukses, Frappioneers!

 

frappio, frappioneer, Google Analytics, web development, webbuilder, website, website builder, website development
Share it :
Related News
INFORMASI PENTING!
Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui!
Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui!
Perbedaan website dengan blog
Perbedaan Website Dengan Blog
Menu