1. Home
  2. Education
  3. Perbedaan Copywriting Dengan Content Writing

Perbedaan Copywriting Dengan Content Writing

Education, Knowledge, Uncategorized
Perbedaan Copywriting Dengan Content Writing

Apa sebenarnya perbedaan copywriting dengan content writing?

Keduanya memang mirip. Namun, sebenarnya mereka memiliki perbedaan yang mendasar. Simak artikel berikut untuk memahaminya.

Di dunia yang makin digital saat ini banyak sekali perubahan pekerjaan yang mengharuskan bekerja dengan internet, seperti copywriting dan content writing misalnya. Keduanya sudah menjadi hal yang biasa untuk bidang kreatif untuk saat ini. Pekerjaan copywriting dan content writing tidak hanya dibilang kreatif namun juga menarik.

Ketahui juga:

Website Builder dan Website Development : Perbedaan Mendasar

dan, Perbedaan Website dan Website Application

Meski kedua pekerjaan tersebut berkaitan dengan tulis menulis, namun sebenarnya copywriting dan content writing merupakan dua hal yang sangat berbeda, jadi apa sih bedanya?

COPYWRITING

Copywriting dengan content writing memiliki berbedaan utama pada sifat tulisannya.

  1. Copywriting berfokus pada branding sehingga audiens penasaran dengan produk yang ditawarkan dan dapat mempengaruhi dan meyakinkan para calon konsumen untuk melihat produk yang akan sedang ditawarkan.
  2. Kegiatan copywriting lebih pada menganalisis kebutuhan pelanggan melalui tren yang sedang terjadi, yang nantinya akan berfokus pada iklan, landing page dan lainnya. Contohnya seperti tagline, Konten SEO, brosur, dan lain-lain.
  3. Kegiatan copywriting lebih erat kaitannya dengan promosi atau periklanan, sehingga bahasa tulisan bersifat lebih komersial.
  4. Dengan menganalisis tren dan kebutuhan yang sedang terjadi, seorang copywriter dapat memilih kalimat yang mudah dipahami sehingga lebih punchy’ alias lebih mengena dan mudah dimengerti oleh audiens. Salah satu tujuanyaadalah untuk  meningkatkan brand awareness produk yang dipasarkan. Cek selengkapnya:

    ”Cara Meningkatkan Brand Awareness

  5. Dalam copywriting, media yang digunakan biasanya berkaitan dengan advertisement seperti: billboardposterweb bannersocial media ads, dan lain sebagainya, di mana pembaca hanya memiliki waktu yang singkat untuk membaca tulisan tersebut.

CONTENT WRITING

  1. Content writing biasanya memiliki tulisan yang lebih panjang dan bertujuan untuk memberikan informasi yang bersifat edukatif.
  2. Dalam content writing, SEO sangat perlu diperhatikan sehingga karya yang diciptakan akan terdorong untuk lebih sering dikunjungi orang-orang, seberapa penting SEO itu? Anda bisa cari tahu disini:

    Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui

  3. Dalam content writing biasanya terdapat riset dan analisa mendalam dahulu sebelum menulis konten yang akan dibuat.
  4. Content writing dapat memiliki isu dan tema dalam penulisannya. Karena itulah diperlukan riset dan analisa terlebih dahulu untuk menulis konten yang akan di publish.
  5. Bertujuan untuk membangun kreatifitas melalui menulis, biasanya content writing ditulis pada blog atau website, postingan media sosial, ebook dan lain sebagainya. Dengan menggunakan website dan media yang sudah disediakan, para pengunjung website akan tetap bisa menikmati, dan bahkan dapat menambah tingkat pengunjung website.

Jadi bagaimana Frappioneer? sudah paham kan tentang perbedaan copy writing dengan content writing? 

Anda dapat mengisis website bisnis Anda dengan content writing dan copywriting loh. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menaikkan trafik website bisnis Anda.

Apabila anda belum memiliki website, Anda dapat membuatnya di Frappio.

Di Frappio, Anda bisa membuat website tanpa perlu repot-repot mengerti bahasa pemrograman, sehingga Anda dapat fokus dalam meningkatkan ide dan kreatifitas Anda.

FRAPPIO WEBSITE BUILDER

Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurusi masalah website Anda. Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

content writing, copy writing, frappio, frappioneer
Share it :
Related News
3 Fungsi Hosting yang Perlu Kamu Ketahui
3 Fungsi Hosting yang Perlu Kamu Ketahui!
Bijak Menggunakan Internet: Milenial Harus Tahu!
Bijak Menggunakan Internet: Milenial Harus Tahu!
Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS
Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS
Menu