1. Home
  2. Education
  3. Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS

Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS

Education, Knowledge, Uncategorized
Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS

Apakah kalian tahu Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS?

Dalam membuat website pasti kita tidak asing dengan kata Shared hosting dan VPS. Keduanya sering digunakan untuk membangun sebuah website. Ternyata Shared Hosting dan VPS mempunyai perbedaan.

Apakah Anda tahu perbedaan dari Shared hosting dan VPS?

Simak artikel ini sampai habis!

Shared Hosting

Shared hosting merupakan bagian dasar untuk membuat website. Bisa Anda ibaratkan jika suatu tempat yang menyediakan fasilitas publik, seperti kolam renang, taman, ataupun tempat parkir di dalamnya untuk melengkapi fasilitas umum tersebut. Begitu juga dengan shared hosting, fasilitas yang digunakan berbarengan disebut resource. Contoh resource yang digunakan secara umum dalam satu server adalah CPU, Disk Space, dan Memori.

Shared Hosting memang lebih hemat dibanding tipe hosting lainnya. Namun kapasitas yang disediakan untuk bandwidth-nya terbatas dan akan berpengaruh pada kapasitas, kualitas, dan traffic dari website itu sendiri. Jika traffic dalam website meningkat maka akan menyebabkan bounce rate. Faktor tersebut akan memperburuk performa situs lain yang menggunakan resource di server yang sama.

Apakah Anda tahu fungsi dari Web Hosting? simak lagi:

Apa Fungsi Web Hosting? (Penjelasan Lengkap + Cara Memilihnya)

dan 3 Fungsi Hosting Yang Perlu Kamu Ketahui!

Shared hosting mempunyai kelebihan seperti harga yang lebih murah karena tersedia berbagai jenis paket yang beragam yang disesuaikan dengan resource yang disediakan.

Pada umumnya layanan dalam shared hosting sudah menyediakan panel kontrol yang dapat memudahkan dalam mengelola website. Dengan menggunakan shared hosting Anda tidak perlu susah payah melakukan maintenance pada server Anda karena sudah dikerjakan oleh layanan hosting.

Namun, loading dalam penggunaan shared hosting akan lebih lama, sehingga akan mempengaruhi kinerja pada website Anda.

VPS

VPS atau Virtual Private Server merupakan server fisik yang dibagi menjadi beberapa server virtual. berbeda dengan shared hosting, VPS digunakan secara pribadi dan resource-nya digunakan secara pribadi bukan bersama-sama.

VPS merupakan server virtual, yang artinya server ini bersifat maya yang tidak memiliki fisik. Dalam menggunakan VPS, hardware server yang berbentuk fisik akan dibagi menjadi beberapa resource yang berbeda.

VPS sangat memungkinkan untuk menginstal Operating System dan software tambahan sesuai kebutuhan pengguna dalam website tersebut.

Berbeda dengan shared hosting, dengan menggunakan VPS, akses direktori ROOT diberikan seluruhnya untuk Anda. Anda dapat melakukan apa saja terhadap hosting Anda. Anda bisa dengan leluasa menginstal software tanpa ada batasan dari pihak hosting.

Dengan menggunakan VPS kondisi loading saat mengakses website Anda jauh lebih stabil dibandingkan shared hosting, dikarenakan Anda tidak perlu berbagi dengan pengguna lain. 

Dengan semua keunggulan tersebut, VPS tentu jauh lebih mahal dibanding shared hosting. Namun harga tersebut sebanding dengan apa yang Anda dapatkan demi meningkatkan kualitas website Anda. Dari segi kualitas layanan dan keleluasaan sangat jauh berbeda dibanding shared hosting.

Sayangnya, VPS kurang cocok bagi pemula, pasalnya penggunaan VPS relatif lebih susah dibanding share hosting, Anda terlebih dahulu harus menginstal software dan mengatur banyak hal di dalamnya. Kesalahan konfigurasi dapat menimbulkan risiko error meluas maupun keamanan.

Paket Hosting pada Shared hosting biasanya sudah diatur untuk Anda gunakan. Shared hosting di konfigurasikan berdasarkan pada penyedia layanan Anda, sehingga Anda dapat mengerjakan hal-hal yang lebih penting dahulu.

VPS sedikit lebih kompleks, dimana VPS dibagi menjadi dua yaitu Managed dan Unmanaged. Dimana paket managed sama dengan shared hosting, karena proses pengaturannya sudah diatur untuk Anda. Berbeda dengan Unmanaged, dimana Anda bisa mengatur sesuai keinginan Anda.

Jadi bagaimana Frappioneer! Sudah tahu bukan perbedaan dari Shared Hosting dengan VPS?

Jika terdapat masalah pada website Anda, tidak perlu khawatir. Dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan perkembangan dalam website Anda, sehingga Anda bisa fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

education, frapioneer, frappio, hosting, knowlage, teknologi, VPS
Share it :
Related News
INFORMASI PENTING!
Manfaat Mengikuti Perkembangan Teknologi
Manfaat Mengikuti Perkembangan Teknologi
Lowongan Kerja Digital Marketing
Menu