1. Home
  2. Education
  3. Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Education, Knowledge, Uncategorized
Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Dalam dunia yang serba digital seperti ini terdapat banyak cara untuk memilih Web Hosting yang terbaik dan cocok untuk website Anda.

Website untuk saat ini sudah menjadi wadah yang cocok untuk sekedar bertukar informasi, mencari tips dan trik ataupun cara-cara mudah lainnya. Adapun beberapa orang yang menggunakan website mereka untuk menjadikannya toko online dikarenakan keamanan dan kepercayaan pelanggan akan meningkat dengan adanya website pribadi, sehingga para pelanggan akan dimudahkan untuk melihat katalog dari produk yang ditawarkan, maupun ketersediaan barang yang ada di toko online tersebut. Website juga dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, mengapa? simak selengkapnya di:

Website Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Baca juga: Alasan Bisnis Online Makin Diminati

Hosting seringkali diremehkan dan dianggap sepele sehingga tidak sedikit orang menggunakan hosting abal-abal yang berdampak buruk pada website Anda sendiri. Hosting memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan website Anda. Tanpa adanya web hosting, atau hal yang berkaitan dengan website, maka website tersebut  tidak akan pernah bisa diakses secara online, karena fungsi web hosting sendiri yaitu untuk menyimpan data suatu website agar bisa di akses melalui internet setiap waktu.

Web Hosting merupakan tempat untuk menyimpan suatu data dalam website supaya dapat diakses melalui internet. Sementara tempat untuk menyimpan data biasa yang berupa komputer yang terhubung dalam internet nonstop dinamakan komputer server atau server web hosting.

Sebelum membahas bagaimana cara memilih hosting untuk website yang cocok untuk Anda, akan kami jelaskan dahulu apa itu hosting?

Hosting sejatinya merupakan sebagai tempat untuk menyimpan data. Semua file dari website yang akan kita unggah akan disimpan di dalam hosting. File-file yang akan di upload bisa berupa teks, gambar, video, maupun audio. Hosting juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai akses situs dari DNS tertentu, misalnya seperti situsanda.com yang merupakan nama domain Anda yang terdaftar dalam DNS.

Saat akan mengakses situs tersebut situs akan menjalankan website tersebut. Dengan adanya hosting akan dapat menjalankan situs tersebut dengan mudah dan tidak akan menyebabkan lagging pada saat mengaksesnya. Jika tidak ada hosting dalam website Anda maka website Anda tidak akan bisa diakses walaupun sudah terdaftar dalam DNS dan akan memunculkan pesan ‘error’. Dengan demikian jika Anda memiliki domain untuk website Anda maka suatu kewajiban pula Anda harus memiliki hosting.

Dengan adanya hosting dalam website Anda maka akan menjaga website menjaga website tetap online 24/7. Tanpa adanya hosting maka website Anda akan dideteksi offline dan tidak dapat diaktifkan. Dengan mengaktifkan web hosting maka penyedia layanan hosting akan menjaga kualitasnya sehingga tidak ter take-down dan menyebabkan gangguan lainnya.

Singkatnya, Web Hosting merupakan rumah bagi website Anda sehingga Anda dapat menyimpan barang-barang yang Anda perlukan untuk mengisi rumah tersebut.

Untuk mengetahui fungsi lain dari Web Hosting, baca lagi:

Fungsi Web Hosting

baca juga: Apa Fungsi Web Hosting?

Lalu bagaimana cara memilih hosting yang terbaik dan cocok untuk website Anda?

1. Kenali Platform dan Jenis Website yang Anda Gunakan

sebelum memilih hosting, kenalilah dahulu platform apa yang akan Anda gunakan untuk dimasukkan dalam hosting ini. Platform yang digunakan merupakan salah satu faktor yang harus dipertimbangkan ketika memilih Web Hosting. Kebanyakan dari para blogger menggunakan platform WordPress untuk membuat website nya dan memulai untuk menjadi bloggers, karena WordPress merupakan platform cache yang memudahkan Anda dalam menjalankan website. 

Jika Anda sudah mengenali dan mengetahui platform apa yang Anda gunakan dalam menggunakan website maka Anda juga harus memilih hosting mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

lalu kenali jenis website yang Anda gunakan. Singkatnya jika Anda menggunakan website Anda hanya untuk bertukar informasi dan mengisi kekosongan waktu Anda seperti blogger, maka gunakanlah hosting dengan spesifikasi yang ringan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak budget untuk website Anda. Jika Anda menggunakan website Anda untuk menjadi marketplace dimana membutuhkan banyak memori untuk menyimpan gambar dan/atau video dalam website Anda, maka gunakan yang spesifikasi lebih besar sehingga akan menunjang kinerja website Anda.

2. Tipe Konten yang Akan Ditampilkan

Seperti penjelasan yang ada di point sebelumnya, jika Anda menggunakan website Anda untuk toko online maka haruslah ada katalog di dalamnya sehingga para konsumen akan dapat mengetahui produk mana yang masih tersedia. Di dalam katalog ini diharuskan adanya memori yang besar untuk menyimpan gambar tersebut, maka haruslah menggunakan hosting yang memadai untuk dapat menjalankan website tersebut.

3. Utamakan Keamanan

Pilihlah Web Hosting yang sudah mumpuni untuk meningkatkan keamanan website Anda. Dalam menjelajahi internet pastilah banyak kejahatan di dalamnya, seperti pembajakan yaitu hacker dan lainnya. Hal ini akan membahayakan bagi website Anda karena akan mengubah aturan yang sudah Anda atur sebelumnya, bahkan tidak jarang akan membajak website Anda dan akan disalahgunakan pihak yang tidak berwenang. Bisa saja nantinya data pribadi Anda akan diselewengkan dan merugikan Anda nantinya. Maka dari itu gunakan Web Hosting yang terpercaya dan dapat meningkatkan keamanan website Anda.

Adapun berbagai jenis aksi-aksi cybercrime di dalam berinternet dan cara mencegahnya, simak di:

5 Jenis Aksi-Aksi Cybercrime

baca juga: Bagaimana Cara Menjaga Website dari Hacker

4. Pilih Hosting Dengan Rincian yang Jelas

Cara lain dalam memilih hosting terbaik untuk website Anda adalah pastikan Anda membaca terlebih dahulu kapasitas yang ditawarkan dan apa saja fitur yang ada dalam paket hosting tersebut, dengan demikian Anda tidak akan kesulitan dalam memilih web hosting untuk website Anda.

Dengan menggunakan jasa Web Hosting dari Frappio, maka Anda tidak perlu khawatir untuk masalah dalam website Anda.

Jika terdapat masalah pada website Anda, tidak perlu khawatir, dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan perkembangan dalam website Anda, sehingga Anda dapat fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

education, frappio, frappioneer, hosting, it consultant, knowladge, pembuatan website, web development, website, website hosting, websitebuilder
Share it :
Related News
Website Builder dan Website Development : Perbedaan Mendasar
Website Builder dan Website Development : Perbedaan Mendasar
Keunggulan Mesin Pencari Google (fakta)
Keunggulan Mesin Pencari Google (fakta)
4 Penyebab Website Lambat
4 Penyebab Website Lambat
Menu