1. Home
  2. Education
  3. Mengenal SEO On Page dan Off Page

Mengenal SEO On Page dan Off Page

Education, Knowledge, Uncategorized
Mengenal SEO On Page dan Off Page

Apakah kalian sudah mengenal antara SEO On Page dan Off Page?

Bagi seorang Blogger maupun pemilik website pasti sudah mengenal istilah Search Engine Optimization (SEO) baik On page ataupun Off page.

Pemanfaatan SEO ini untuk meningkatkan traffic kunjungan dan page ranking di sebuah mesin pencarian, salah satunya yang biasa dikenal dengan Google.

 

Semua orang yang memiliki website tentu ingin website nya berada di tingkatan teratas di halaman Google. Pasalnya hal tersebut dapat meningkatkan brand awareness dan peningkatan penjualan. Apa saja pentingnya SEO bagi pemilik website? Yuk! simak dan pahami artikel berikut.

“Pentingnya SEO dalam Website yang Harus Diketahui

 

SEO sendiri memiliki dua tipe atau teknik untuk mengoptimalisasikan website Anda yakni: SEO on page dan SEO off page. Keduanya memberikan metode berbeda, namun sama-sama diaplikasikan guna menambah pengunjung pada suatu blog maupun website.

Sebenarnya apa sih pengertian dan perbedaan dari kedua tipe SEO tersebut? Kali ini kami akan menjelaskan apa itu SEO On Page dan Off Page agar Anda dapat mengenalnya lebih jelas.

Pengertian SEO On Page

Istilah SEO on page biasa dikenal sebagai On-Page SEO adalah praktik mengoptimalkan konten pada halaman website agar dapat masuk di peringkat teratas Google dan mudah dicari oleh pengguna. Penerapan teknik SEO on page ini berfokus di dalam website itu sendiri.

 

Dalam SEO on page terdapat beberapa komponen penting agar bisa mempengaruhi peringkat website di halaman mesin pencarian Anda, antara lain:

 

1. Heading

Heading bisa disebut susunan bahasa yang berasal dari judul konten yang ingin dibahas. Heading sebagai pokok pikiran dari sebuah artikel yang dibuat seperti pada surat kabar maupun majalah.

Biasanya dalam satu konten mempunyai lebih dari satu judul yang memiliki tingkatan, dimulai dari Heading 1, sering disebut H1 dan seterusnya sampai dengan H6. Teknik SEO dengan penggunaan heading untuk mengidentifikasi isi artikel saat mencari keyword yang dilakukan. Hal ini memungkinkan untuk terdeteksinya artikel Anda di page pertama pencarian Google. 

Artikel yang menempati posisi teratas tentunya akan memudahkan pengunjung untuk mengakses situs sehingga banyak yang akan berkunjung kemudian rating website juga kian meningkat.

2. Kualitas Konten Yang Baik

Konten merupakan komponen utama dalam sebuah website, maka dari itu memperhatikan kualitas konten yang  disajikan sangat perlu diperhatikan dalam optimasi SEO on page.

Kualitas konten yang baik disini mempunyai artian yaitu konten yang kita buat haruslah konten yang bermanfaat bagi pengunjung selain itu juga harus memenuhi kriteria yang ada pada mesin pencari Google untuk dapat dikategorikan sebagai sebuah konten yang baik dan bermanfaat, diantara syaratnya yaitu paling tidak mengandung 600 kata pada setiap konten yang kita buat serta menampilkan kata kunci atau keyword yang dicari oleh pengunjung.

3. Struktur URL 

Sebuah website jika digambarkan sebagai sebuah rumah, maka URL (Uniform Resource Locator) ini adalah alamatnya. URL berfungsi mengidentifikasi lokasi file dalam internet dan memudahkan Anda menuju website yang lebih spesifik.

URL pada website yang dibuat dengan lebih terstruktur memudahkan Google mengenal dan mengetahui website Anda, yang mana struktur URL dapat dirancang sesuai kategori halaman ataupun tingkatan halaman.

4. Page Speed

Komponen page speed berhubungan dengan kecepatan Google dalam membantu pengguna menemukan dan mengakses halaman website yang dicari. Peluang dalam menempati posisi teratas di mesin pencarian jika page speed yang dimiliki optimal.

Google sendiri telah memiliki pagespeed insight untuk menganalisis situs Anda pada perangkat seluler maupun desktop komputer. Hasil dari analisis inilah yang nantinya digunakan untuk memberikan saran perbaikan pada situs website Anda agar page speed lebih dioptimalkan lagi.

5. Internal Link

Internal link atau tautan internal merupakan tautan yang menghubungkan dua halaman dalam satu website yang sama, simplenya Internal Link merupakan sebuah tautan yang diletakan pada halaman website anda sendiri yang menghubungkan antara satu halaman dengan halaman lainya pada website anda.

keberadaan internal link sangat penting bagi optimalisasi SEO On Page karena dengan keberadaan internal link tersebut Google dapat mengetahui dan memahami bagaimana struktur website yang anda miliki dan bagaimana sebuah halaman pada website saling berhubungan satu sama lain. Hal tersebut akan membuat sebuah halaman naik peringkat pada halaman pencarian google.

 

Pengertian SEO Off Page

Berbeda dari SEO on page, SEO off page adalah teknik optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website dengan menggunakan inbound link/backlink. Backlink menjadi indikator bahwa konten Anda menjadi rujukan dari website lain. Semakin banyak website yang merujuk ke konten Anda, maka semakin baik. 

Google menganggap website Anda sebagai website yang terpercaya dan memberi peluang untuk naik pada posisi pertama.

Anda juga dapat meningkatkan traffic dalam website dengan menggunakan strategi-strategi tertentu. Simak selengkapnya di

Cara Meningkatkan Traffic Website

 

Sama halnya seperti SEO on page, SEO off page juga memiliki komponen yang dapat mendukung kinerja teknik promosi website Anda, diantaranya:

1. Backlink

Backlink adalah sebuah link yang ditempatkan di website lain dan akan mengarah ke website Anda. Untuk membangun backlink yang berkualitas dilakukan dengan membuat konten yang menarik, membagikannya di laman sosial media, dan mempromosikan situs melalui newsletter.

 

2. Promosi Sosial

Promosi sosial merupakan salah satu taktik yang digunakan dalam SEO On Page, dimana anda sebagai pemilik sebuah website dapat menaikan traffic, peringkat dan kredibilitas website anda dengan cara mempromosikan konten yang anda miliki melalui  berbagai macam media khususnya media sosial dengan harapan akan menambah jumlah pengunjung pada website dan menaikan peringkat website pada mesin pencari Google.

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Setelah mengenal apa itu SEO On Page dan Off Page ternyata keduanya juga memiliki perbedaan. Sederhananya, perbedaan yang mendasar dari kedua tipe yaitu SEO on page membuat konten yang Anda buat terlihat lebih berkualitas sehingga dapat meyakinkan pembaca serta mudah terdeteksi oleh mesin pencarian Google.

Sedangkan SEO off page akan membuat website Anda mempunyai integritas tinggi sehingga mampu mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan pada posisi utama.

Pentingnya melakukan optimasi website dengan kedua tipe SEO tersebut, dikarenakan dapat meninggikan visitabilitas website Anda. Keduanya saling melengkapi dan bersinergi untuk dapat mengoptimalkan sebuah website jika dilakukan secara bersamaan kualitasnya akan semakin bagus.

 

Anda dapat menggunakan SEO On page dan Off page dalam website Anda, sehingga performa dalam website Anda akan lebih meninngkat.

Dengan menggunakan Frappio.biz Anda bisa meningkatkan SEO dalam website Anda, sehingga Anda bisa fokus pada pengembangan ide untuk konten Anda!

Frappio

Sehingga Anda tidak perlu repot untuk mengurusi masalah website Anda. Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

education, frapioneer, frappio, hosting, it consultant, knowlage, SEO, website
Share it :
Related News
manfaat testimoni
Website Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Fungsi Web Hosting
Cara Meningkatkan Traffic Website
Cara Meningkatkan Traffic Website
Menu