1. Home
  2. Education
  3. Domain Perusahaan Penting untuk Bisnis

Domain Perusahaan Penting untuk Bisnis

Education, Knowledge, Services, Technology
Domain Perusahaan Penting untuk Bisnis

Domain perusahaan sangatlah penting untuk kemajuan bisnis.

Sebelum masuk ke inti pembicaraan, kita perlu tahu terlebih dulu. Sebenarnya apakah yang dimaksud domain?

Domain adalah nama yang diberikan untuk mempermudah identifikasi jaringan tanpa harus menggunakan IP secara langsung. Nah, IP adalah kumpulan angka yang mengidentifikasi jaringan.

Misalnya sebuah jaringan memiliki IP 216.239.38.120. Angka-angka tersebut biasanya sulit untuk diingat oleh kita. Untuk mempermudah, IP tersebut dibuat domain. Domain dari IP tersebut ialah google.com . Bisa Anda coba cek sekarang.

Pada email, domain terletak setelah ‘@’. Contohnya ‘info@frappio.biz’. Domain dari email tersebut ialah ‘frappio.biz’.

Domain perusahaan ada bermacam-macam,

Lihat juga Manfaat Domain Untuk Bisnis

Lalu, apa hubungan domain dengan suatu perusahaan? Mengapa domain perusahaan itu penting untuk kemajuan bisnis?

1. Kredibilitas dan Dampaknya

Mari kita bayangkan dua website penjualan baru dengan alamat coffestock.blogspot.com dan coffestock.com. Mana yang menurut Anda lebih terpercaya sebagai situs penjualan?

Kredibilitas atau kualitas kepercayaan merupakan salah satu poin penting yang perlu dimiliki perusahaan dalam mensukseskan bisnisnya. Pada kesan pertama, konsumen dapat tertarik menggunakan suatu produk barang atau jasa, salah satunya karena mereka percaya dengan kualitas produk tersebut, bahwa nilai yang akan mereka keluarkan sesuai denga apa yang akan mereka dapatkan. Terlebih lagi apabila nilai yang mereka ekspektasikan tersebut benar adanya. Repurchase pun kemungkinan besar akan terjadi. Marketing mouth-to mouth pun juga akan terjadi antar konsumen yang memberikan review bagus pada produk Anda.

Foto oleh Dave Lowe dari Unsplash
Foto oleh Dave Lowe dari Unsplash

Seperti pertanyaan retorik diatas, salah satu cara memberikan kesan bahwa bisnis Anda kredibel adalah dengan memiliki website dan email dengan domain perusahaan. Ibarat pintu, domain perusahaan merupakan pintu yang terbuka bagi kesan positif konsumen. Misalkan coffestock.com dan inquiry@coffestock.com . Adanya domain perusahaan memberikan kesan bahwa bisnis Anda berstatus kuat, tidak sekedar menumpang pada domain gratis.

Kredibilitas yang sudah terbangun memberikan banyak dampak positif untuk perusahaan Anda. Kesan kredibilitas yang datang dari domain website dan email perusahaan juga akan memudahkan segala aspek marketing anda. Contohnya pada email marketing, akan berbeda kesannya apabila calon partner menerima email dengan domain gratis. Contoh lainnya lagi ialah pada online advertising atau baliho sekalipun. Bayangkan kesannya:

Iklan yang mencantumkan website dengan domain perusahaan vs iklan yang mencantumkan website dengan domain gratis.

Pada kesan pertama, mana yang lebih anda percaya?

2. Ikonik dan Dampaknya

Foto oleh Fervent Jan dari Unsplash
Foto oleh Fervent Jan dari Unsplash
Brand produk Anda bisa jadi sudah ikonik sehingga mudah dikenali oleh konsumen. Namun, akan lebih luas lagi dampaknya apabila brand anda tersebar di berbagai komponen penting perusahaan. Beberapa diantaranya adalah website dan email perusahaan. Konsumen akan lebih mudah mengingat brand Anda karena ketika mereka ingin meraih produk Anda, mereka akan terekspos dengan brand yang tersebar dimana-mana tanpa harus terbias dengan eksistensi domain gratis. Dengan kata lain, domain perusahaan dapat meningkatkan brand awareness.

Singkatnya, domain perusahaan dapat meningkatkan kekuatan dan reputasi sebuah perusahaan. Akan sangat disayangkan apabila brand Anda yang begitu potensial belum memiliki website dan email dengan domain perusahaan.

Satu hal lagi yang penting, website dan e-mail dengan domain perusahaan sebaiknya dibuat di penyedia yang kredibel juga sehingga data-data Anda dapat tersimpan dengan baik. Publik sempat dihebohkan dengan berita tutupnya Yahoo Group. Pucuk dicinta, untungnya e-mail pengguna tidak terdampak.

Lihat Juga Yahoo Tutup Permanen. Ini Alternatifnya!

Anda dapat membuat website perusahaan dengan domain sendiri melalui Frappio Website Builder. Tanpa perlu belajar coding, cukup drag and drop saja.

Frappio Website Builder

Apabila Anda masih ragu untuk membuat domain perusahaan, Anda bisa berkonsultasi dulu dengan IT Consultant Frappio secara personal di WA atau Telegram, (+62) 889 906 250 168. Atau kunjungi juga frappio.net .Kami siap membantu Anda memajukan bisnis Anda.

bisnis, domain, it consultant, teknologi, webbuilder, webhosting, website, website builder, website development, website hosting
Share it :
Related News
Halaman Penting Yang Harus Dimiliki Website
Halaman Penting Yang Harus Dimiliki Website
Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS
Perbedaan Shared Hosting Dengan VPS
INFORMASI PENTING!
Menu