1. Home
  2. Education
  3. Bijak Menggunakan Internet: Milenial Harus Tahu!

Bijak Menggunakan Internet: Milenial Harus Tahu!

Education, Knowledge, Technology, Uncategorized
Bijak Menggunakan Internet: Milenial Harus Tahu!

Hai Frappioneers! Apakah Anda termasuk generasi Milenial? Kalau iya, kami himbau Anda untuk lebih bijak menggunakan internet! Generasi Milenial harus tahu! Kira-kira kenapa ya?

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui alasannya!

Di era revolusi 4.0 ini penggunaan mesin pada bidang industri sudah makin banyak digunakan. Pengguanaan internet pun sudah semakin sering digunakan dalam keseharian. Saat setelah bangun tidur dan akan memulai aktivitas, Anda akan membuka gadget dan mulai mencari tahu kejadian-kejadian yang sedang terjadi.

Terlebih lagi generasi milenial saat ini pasti tidak jauh dari gadget. Dalam kesehariannya mereka sangat sering membuka internet. Banyak dari mereka yang mengembangkan bakat, kreativitas, dan kemampuannya di internet. Milenial harus bijak dalam menggunakan internet dan tahu cara menggunakan internet dengan baik. Dalam berinternet terdapat istilah-istilah yang mungkin Anda belum tahu artinya, simak lagi;

Istilah-Istilah Dalam Internet

baca juga: Apa Itu Internet Of Things: Milenial Harus Tahu!

Kenapa milenial selalu terhubung dengan internetnya?

Terpengaruhi oleh Influencer

Adanya tekanan dalam teman sebaya dan keseharian mereka menjadi pengaruh bagi generasi milenial untuk mengikuti tren. Jika dalam pergaulan mereka ada yang menggunakan hal yang baru atau sedang viral, mau tidak mau mereka akan menggunakannya juga. Begitu juga dengan influencer yang mereka ikuti di berbagai sosial media mereka akan berpengaruh pula dengan keseharian para milenial. Influencer membuat konten dan memiliki jumlah pengikut banyak biasanya sering bekerja sama dengan berbagai label untuk mempromosikan produk mereka atau yang sering kita kenal dengan kata endorsement atau bahkan para influencer sering menjadi brand ambassador di berbagai label tertentu.

Hal tersebutlah yang membuat para milenial lebih berkiblat ke influencer untuk review suatu produk, karena milenial lebih sering terhubung dengan internet dan membuka media sosial mereka.

Namun Anda harus bijak dalam menggunakan internet di keseharian untuk mencegah hadirnya hal-hal negatif yang tidak diinginkan. Dampak yang ditimbulkan dalam menggunakan media sosial ataupun internet pada saat ini akan berpengaruh panjang dalam kehidupan Anda. Semua memori yang telah Anda lakukan dalam berinternet akan berdampak kedepannya.

Apa Saja Dampak Dari Penggunaan Internet?

1. Cyberbullying

Media sosial yang digunakan kaum milenial secara tidak langsung akan mengubah keseharian, karakter, dan ketertarikan mereka. Kaum milenial akan merasa puas pada dirinya sendiri jika sudah sesuai standar yang mereka ikuti dalam kehidupan bersosial mereka di internet. Begitu pula pola pikir saat mereka bergaul, cyberbullying seakan sudah menjamah kaum milenial dalam berinternet.

Sudah banyak korban bullying di luar sana akibat kesalahan mereka bersosialisasi di internet karena ketidak sesuaian mereka dalam standar yang mereka ikuti di media sosial dan tidak sesuai pada harapan para netizen. Hal ini berpengaruh buruk pada pribadi seseorang yang menjadi korban cyberbullying dan berdampak pada psikologis korban.

2. Cybercrime

Selain cyberbullying, internet juga dapat menyebabkan cybercrime. Cybercrime merupakan kejahatan yang melibatkan penggunaan internet. Kejahatan ini melibatkan pengguna internet sebagai korbannya, pelaku dalam cybercrime akan membobol akun Anda dan menyalahgunakan akun pribadi Anda dan akan membobol akses akun media sosial Anda. Maka dari itu Anda harus berhati-hati dan bijak dalam berinternet. Jangan menggunakan data pribadi Anda untuk sekedar iseng post di media sosial.

3. Mengganggu Keseharian Kegiatan Anda

Untuk saat ini pasti Anda memiliki kegiatan keseharian di luar bermedia sosial, seperti belajar atau bekerja. Banyak diantara mereka selalu fokus pada internet mereka sampai lalai dengan tugas utama yang harus dikerjakan.

Kaum milenial yang seharusnya sedang asik bersosialisasi dan berkembang di lingkungan malah memilih untuk fokus kepada dunia media sosial mereka. Alih-alih menambah “kenalan” mereka di internet, tidak sedikit juga yang malah terjerumus ke poin sebelumnya. Maka dari itu, Anda perlu mengatur prioritas utama Anda dan mendahulukan yang lebih penting dahulu.

Dari segala kasus negatif yang sudah dibahas pada poin-poin diatas, ada juga cara agar Anda lebih bijak dalam menggunakan internet, yaitu:

1. Jangan Upload Data diri Anda ke Media Sosial

Alih-alih ingin menyebarkan kebaikan atau hanya sekedar untuk mendapatkan apresiasi dari orang sekitar, mengupload data diri Anda ke media sosial adalah jalan yang sangat tidak baik untuk dilakukan karena akan berdampak pada keamanan Anda dalam berinternet. Mengupload data diri Anda sama saja seperti Anda membongkarkan rahasia diri Anda ke internet. Data yang Anda sebarluaskan ke internet bisa jadi disalahgunakan dan memicu terjadinya cybercrime.

2. Awasi Penggunaan Internet

Jika Anda menggunakan internet, maka batasilah penggunaannya. Jangan sampai Anda terjerumus pada kolom internet yang berisikan konten negatif. Hal tersebut akan dapat mengubah pola pikir Anda, apalagi jika Anda memiliki anak dibawah umur dimana mereka belum mengetahui dan cara yang benar untuk berinternet, Oleh karena itu Anda harus mengawasi segala akses yang mereka gunakan.

3. Batasi Waktu Penggunaan

Terkadang, dalam melakukan penelusuran di media sosial atau berinternet, kita sering lalai dalam melakukan kegiatan lain yang harus di kerjakan. Terlebih disaat membuka media sosial Anda seperti Instagram, Twitter, dan Aplikasi sejenisnya, kita terlarut dalam penggunaan media sosial dan melupakan tugas utama. Dengan adanya penjadwalan atau scheduling dalam berinternet, Anda dapat terbantu supaya tidak berlebihan menggunakan media sosial.

Anda bisa selingi waktu Anda dalam bermain media sosial dengan melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat sehingga Anda tidak bosan dengan tugas keseharian Anda.

Kesimpulan

Dalam berinternet pasti ada hal negatif dan positif yang akan Anda dapatkan. Dengan demikian, Anda harus menjadi bijak dalam menggunakan internet sehingga hasil yang Anda dapatkan tidak berimbas buruk bagi diri Anda.

Ayo menjadi lebih bijak menggunakan internet, apalagi untuk para generasi milenial. Anda harus tahu!

Jadi bagaimana Frappioneers? Sudah paham kan mengapa kita harus bijak dalam menggunakan internet? Banyak dari kita yang mendapatkan informasi melalui website loh!

Di Frappio, Anda bisa membuat website tanpa perlu repot-repot mengerti bahasa pemrograman sehingga Anda dapat fokus dalam meningkatkan ide dan kreatifitas Anda.

FRAPPIO WEBSITE BUILDER

Anda tidak perlu repot untuk mengurusi masalah website Anda. Frappio membantu menjawab semua masalah Anda seputar website.

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses Selalu, Frappioneers!

cybercrime, frappio, frappioneer, hacker, internet, teknologi, website builder, website development
Share it :
Related News
Istilah-Istilah dalam Internet
Istilah-Istilah dalam Internet
Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi
Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi
Manfaat Domain untuk Bisnis
Manfaat Domain untuk Bisnis
Menu