1. Home
  2. Headline
  3. Apa Itu Society 5.0? Yuk, Pahami!

Apa Itu Society 5.0? Yuk, Pahami!

Headline, Knowledge
apa itu society 5.0

Setelah beberapa waktu dari kemunculan Revolusi Industri 4.0. Beberapa tahun lalu, tepatnya 2017 mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan konsep society 5.0. Lalu pertanyaannya, apa itu Society 5.0? Dan…

Apa perbedaan antara revolusi industri 4.0 dan society 5.0?

Simak pembahasannya di bawah ini….

Awal mula kemunculan istilah Society 5.0

Sebelum sepopuler sekarang, konsep ini sebelumnya sudah diterapkan di Jepang yang pada saat itu mengalami banyak masalah besar yang salah satunya minimnya penduduk berumur produktif.

Dari masalah tersebut, konsep ini hadir untuk mengatasi masalah-masalah yang ada melalui sinergi antara manusia dan teknologi demi kesejahteraan manusia.

Lalu pada 2017, di salah satu ajang ternama CeBIT yang digelar di kota Hannover, Jerman pada tahun 2017, mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan konsep society 5.0 dan dari sanalah, awal mula kemunculan istilah Society 5.0.

Lalu apa bedanya dengan Revolusi Industri 4.0?

Pada Revolusi Industri 4.0, terdapat enam pilar yaitu masyarakat digital, energi berkelanjutan, mobilitas cerdas, hidup sehat, keamanan sipil, dan teknologi di tempat kerja.

Di samping itu, dalam penerapannya banyak masyarakat yang beranggapan kalau penerapan kecerdasan buatan selama revolusi industri 4.0 dikhawatirkan akan mengambil alih pekerjaan manusia.

Sementara di Society 5.0, teknologi dan manusia akan bersinergi dalam menekan kesenjangan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan manusia. Dengan begitu, diharapkan hasilnya akan lebih efektif dan efisien.

Trus, apa itu Society 5.0?

Society 5.0 merupakan konsep yang hadir dengan tujuan untuk membantu manusia dalam menekan kesenjangan ekonomi manusia melalui sinergi antara teknologi dan manusia dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan manusia.

Apa itu society 5.0: Contoh-contohnya

Kalau awalnya ketika mengirim barang memakan waktu lama, di Society 5.0, proses pengiriman barang akan dilakukan oleh drone sebagai alat bantu.

Contoh lain juga bisa kita temukan di kendaraan listrik pintar milik Tesla. Di setiap mobil Tesla terdapat kecerdasan buatan yang membuat mobil tersebut melaju dengan sendirinya ketika mode berkendara otomatis dinyalakan.

Yang hebat lagi, ketika mode berkendara otomatis dinyalakan, mobil ini dapat mendeteksi objek lain (seperti kendaraan lain, orang menyebrang, dll) di depannya sampai beberapa meter kedepan.

frappio, industri, industri 4.0, revolusi, revolusi industri, society, society5.0, technology, teknologi, terpercaya
Share it :
Related News
Manfaat Absensi Online Bagi Perusahaan
Manfaat Absensi Online Bagi Perusahaan
Manfaat Website Untuk Influencer
Manfaat Website Untuk Influencer
Manfaat Google Analytics untuk Bisnis
Manfaat Google Analytics untuk Bisnis
Menu