1. Home
  2. Career
  3. Apa Itu Search Engine Marketing?

Apa Itu Search Engine Marketing?

Career, Education, Knowledge, Services, Technology, Uncategorized
Apa Itu Search Engine Marketing?

Dalam dunia digital, Anda sering kali menggunakan internet untuk melakukan pencarian untuk mencari apa yang ingin Anda ketahui. Pastinya sering kali Anda melihat Advertisement atau iklan yang timbul pada kolom paling atas . Hal itu berkaitan dengan Search Engine Marketing atau yang sering disingkat SEM. Search Engine Marketing itu sendiri merupakan periklanan dalam dunia digital yang melibatkan situs web untuk meningkatkan visitabilitas melalui periklanan berbayar. SEM sendiri sering digunakan di berbagai macam situs web pencarian seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya. Namun sayangnya Yahoo sudah tidak lagi beroperasi. Lihat alasannya di:

Yahoo Tutup. Permanen. Ini Alternatifnya!

simak juga Keunggulan Mesin Pencari Google

Untuk saat ini kita lebih mengenal Google karena saat ini Google merupakan domain pangsa pasar pencarian internet.

APA ITU SEARCH ENGINE MARKETING?

Dalam dunia persaingan pasar yang semakin ketat serta di era digital yang serba teknologi seperti sekarang pemasaran melalui periklanan web sangat menguntungkan dan merupakan cara yang paling efektif untuk memasarkan suatu produk baik barang maupun jasa untuk mempromosikannya melalui web.

Simak Juga Pentingnya Digital Marketing di Masa Pandemi

Search Engine Marketing merupakan praktik pemasaran bisnis berbayar yang muncul di halaman yang Anda cari berdasarkan keyword yang digunakan pada website pencarian tersebut. SEM menggunakan strategi Pay Per-Click (PPC) dengan istilah Bidding per-click. SEM memberikan kesempatan untuk pengiklan lebih sering muncul di dalam pencarian keyword tersebut. Terdapat berbagai format dalam periklanan pada Search Engine Marketing seperti teks ataupun review dan rating yang digunakan pelanggan, harga produk, dan lainya yang nantinya akan dimunculkan pada web periklanan tersebut.

SEBERAPA PENTINGKAH SEARCH ENGINE MARKETING?

Search Engine Marketing merupakan media yang sangat menguntungkan untuk para pengiklanan karena dengan menggunakan SEM maka produk yang diiklankan akan muncul pada kolom pencarian yang paling utama.

Kelebihan dari Search Engine Marketing ini adalah menawarkan kesempatan untuk para pengguna untuk lebih sering muncul dan di kujungi pada tampilan awal mereka pada web pencarian para pelanggan. Diharapkan para calon pelanggan akan termotivasi untuk mengunjungi periklanan tersebut. Hal ini sangat efektif untuk memasarkan produk yang ditawarkan. Pada web pencarian kolom yang paling atas merupakan kolom yang sering di kunjungi para penggunanya, dengan menggunakan SEM, produk yang diiklankan akan muncul pada kolom pencarian yang paling awal dan memungkinkan untuk para calon konsumen untuk meng-klik laman tersebut dan berkemungkinan besar untuk menggunakan produk yang ditawarkan. Para calon konsumen akan secara sadar mengunjungi web tersebut  dan secara tidak langsung akan melihat produk yang ditawarkan. Jadi, ketika Anda mencari kata kerja kunci tersebut, mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian yang menggunakan SEM terelebih dahulu di bagian paling atas.

Berbeda dengan periklanan pada televisi maupun radio dimana para pengguna dipaksa untuk melihat atau mendengarkan iklan tersebut dan mengiterupsi para calon konsumen, Search Engine Marketing akan memunculkan iklan itu pada saat pengguna web membuka dan mencari apa yang dibutuhkan dan memberikan informasi pada web pencarian.

APA BEDANYA SEARCH ENGINE MARKETING DENGAN SEARCH ENGINE OPTIMIZATION?

Apa Itu Search Engine Marketing

 Search Engine Optimization atau SEO adalah bagian dari marketing pencarian yang menggunakan teknik organik untuk mendapatkan visitabilitas di SERP. Optimalnya SEO utamanya dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung dari hasil yang sering dikunjungi para pengguna web pencarian, sedangkan SEM menggunakan sistem berbayar agar website berada di paling atas. Biasanya pada sistem SEM akan muncul tanda Ads atau tanda bahwa web tersebut merupakan iklan. Hal serupa tidak terjadi dengan SEO yang muncul berdasarkan banyaknya para pengguna yang mengunjungi laman tersebut, berdasarkan kesesuaian search intern, kelengkapan konten, backlink. dan faktor-faktor lainnya.

Untuk menggunakan SEO, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya apapun karena itu murni dari hasil kunjungan pengguna internet, sedangkan SEM  diharuskan membayar agar laman yang akan diiklankan muncul pada bar paling awal, Maka dari itu Anda akan dikenakan tarif yang beragam sesuai dengan lamanya iklan itu akan di tayangkan. Anda bisa menghabiskan biaya hingga berpuluh sampai beratus-ratus ribu. Untuk menggunakan SEM anda harus menggunakan tools yang telah disediakan seperti Google Ads untuk menayangkannya.

Namun, apa sih pentingnya SEO dalam website?

Selengkapnya di Pentingnya SEO Dalam Website Yang Harus Diketahui!

Menggunakan SEM akan membantu website Anda lebih sering menampang di mesin pencarian dan memungkinkan website Anda lebih banyak dikunjungi pembaca karena lebih sering muncul pada bar atas. Dengan menggunakan SEM, Anda bisa menentukan secara spesifik target audiens Anda. Contohnya menentukan karakteristik audiens yang dapat melihat iklan Anda seperti usia, jenis kelamin, ketertarikan, dan lain sebagainya. Hal ini membuat relative visitabilitas web jauh lebih tinggi dibanding dengan SEO, karena SEM akan memunculkan web yang diiklankan lebih sering dibanding dengan SEO.

Di Frappio, Anda bisa dengan mudah membuat website menggunakan Frappio Website Builder tanpa harus repot memahami bahasa pemrograman, loh!

FRAPPIO WEBSITE BUILDER

Anda bisa dengan mudah untuk lebih fokus pada bisnis anda, biar kami yang menangani pembuatan website anda!

Apabila Anda memiliki pertanyan atau masalah terkait IT, Anda dapat menghubungi IT Consultant kami pada WA atau Telegram (+62) 88906250168

Sukses selalu, Frappioneers!

bisnisdigital, digital marketing, e-commerce, frappio, marketing
Share it :
Related News
Website Builder dan Website Development : Perbedaan Mendasar
Website Builder dan Website Development : Perbedaan Mendasar
Perbedaan Copywriting Dengan Content Writing
Perbedaan Copywriting Dengan Content Writing
Mengapa Mobile Payment Lebih Digemari
Mengapa Mobile Payment Lebih Digemari
Menu